Headlines News :
Home » » 5 TIPS KIAT HIDUP SEDERHANA

5 TIPS KIAT HIDUP SEDERHANA

Written By Unknown on Jumat, 22 Maret 2013 | 07:34




Semakin tingginya biaya hidup di mana-mana menuntut kita untuk pintar-pintar mengatur keuangan keluarga. Hidup lebih ekonomis menjadi salah satu jalan keluar yang masuk akal untuk keadaan ini.
Banyak orang sering salah kaprah dan mengaitkan hidup lebih ekonomis dengan harga barang yang kita konsumsi. Artinya lebih banyak orang memutuskan untuk membeli barang substitusi yang berharga murah dengan kualitas yang hampir sama dengan yang biasanya dipakai. Namun hidup sederhana tidak melulu mengenai harga. Berikut adalah beberapa tips hidup sederhana yang dibagi oleh Chris Farrell, penulis buku New Frugality:
1.       Transformasi diri
Yang paling utama adalah kita harus mengubah cara pandang kita sendiri dari konsumerisme menjadi kesederhanaan. Konsumerisme seringkali berakar dari keegoisan diri untuk terlihat “lebih” dari orang lain. Di lain pihak, kesederhanaan berfokus pada orang-orang dan keadaan di sekitar kita. Saat jumlah orang miskin semakin bertambah banyak setiap harinya, kita seharusnya menjadi lebih prihatin dan tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu perlu. Salah satu contoh yang bisa kita tiru, kata Chris, adalah dengan meminimalisasi penggunaan kantong plastik untuk menjaga lingkungan. Berhemat sambil menjaga lingkungan bisa juga dilakukan, bukan?
2.       Cerdas dalam memilih
Hidup hemat dapat dicapai dengan mencari harga yang terbaik, bukan yang paling murah. Inilah pengertian yang salah kaprah dari orang-orang yang ingin hidup sederhana. Dalam buku ini, Chris lebih menyarankan untuk pintar-pintar memilih barang yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan dan tentunya sembari memotong pengeluaran.
3.       Aturan Baru
Keep it simple. Prinsip dasar dalam hidup sederhana ini sederhana saja, utamakan dulu kebutuhan dasar anda. Setelah kebutuhan dasar terpenuhi, lakukan investasi untuk diri sendiri, barulah keluarkan uang dengan bijaksana. Ini adalah aturan baru hidup sederhana yang pastinya efektif juga untuk membantu kita mendapatkan kestabilan finansial.
4.       Mulai hari ini juga
Cara paling ampuh untuk mewujudkan semua ini adalah dengan menjadikan kesederhanaan sebagai bagian hidup kita mulai hari ini. Pada awalnya mungkin susah, apalagi bagi kita yang dulunya miss jinjing sejati, tetapi dengan memulainya secepat mungkin dan menjalaninya hari demi hari akan membantu kita untuk menjadikan kesederhanaan sebagai bagian hidup kita. Cerdas dalam mengeluarkan setiap rupiah yang telah anda hasilkan tidak berarti anda tidak boleh memanjakan diri sendiri sama sekali, tetapi anda harus selalu menghitung setiap rupiah yang anda keluarkan. Menurut Chris, yang terpenting adalah cermat dalam setiap pengeluaran.
5.       Bijak dalam meminjam uang
Cara berhutang terbaik adalah dengan tidak berhutang sama sekali. Jadi pastikan bahwa setiap peminjaman yang anda lakukan dapat menghasilkan nilai lebih, misalnya untuk pendidikan. Selain itu, cobalah untuk melakukan peminjaman hanya pada saat anda memiliki margin aman. Dengan kata lain, jangan meminjam uang pada saat tagihan dan utang di tempat lain sedang menumpuk, sementara anda tidak memiliki simpanan apapun di tabungan. (Her World, Aug 10).

Sumb: http://aliharozim.abatasa.com/post/detail/25361/5-tips-kiat-hidup-sederhana
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger