Headlines News :
Home » » Syaikh Ibnu Utsaimin

Syaikh Ibnu Utsaimin

Written By Unknown on Kamis, 21 Maret 2013 | 19:06

Syaikh Ibnu Utsaimin (8)

Tanya Jawab Ringkas Bersama Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah,

1) Memanjangkan Shalat Shubuh
T: Apakah lebih baik memanjangkan shalat shubuh, khususnya (memanjangkan) bacaannya?
J: Ya, termasuk sunnah dalam shalat shubuh hendaknya memanjangkan bacaannya. Dan hendaknya dari bacaan yang panjang diambil dari surat-surat Mufashshal yaitu dari surah Qaaf sampai ‘Amma (An-Naba’, -pent) kemudian memanjangkan bacaannya, demikian pula memanjangkan ruku’ dan sujudnya lebih dari yang lainnya.

2) Junub Saat Menjelang Shubuh
T: Seorang lelaki terkena junub beberapa menit sebelum shalat shubuh, apakah dia tayammum atau mandi? Jika mandi, barangkali dia akan kehilangan shalat shubuh (berjamaah, -pent), perlu diketahui bahwa shalat telah ditegakkan.

J: Wajib baginya untuk mandi sekalipun kehilangan shalat berjamaah, karena mandi dari junub termasuk syarat sahnya shalat menurut kesepakatan (para ulama). Adapun shalat berjamaah wajib dan tidak mungkin bertentangan dengan syarat yang wajib.
3) Junub Ketika Safar
T: Jika sekelompok orang dalam perjalanan (safar), kemudian salah satu dari mereka terkena junub, apakah dia harus mandi atau tayammum, perlu diketahui bahwa waktunya pendek dan saat itu musim dingin yang sangat menusuk, apa yang mesti dilakukan?

J: Jika mengkhawatirkan akan dirinya dari bahaya jika harus mandi, atau air hanya sedikit yang mereka butuhkan untuk minum dan masak, maka dia boleh tayammum. Dan jika air itu banyak atau mungkin bisa menjaga dingin dengan memanaskannya dan mandi di tempat yang terjaga dari hawa dingin, maka wajib baginya untuk mandi.
4) Shalat Hanya Saat Ramadhan Saja
T: Ada sebagian orang yang memberi perhatian khusus shalat shubuh berjamaah hanya di bulan Ramadhan saja dan tidak mengerjakannya di bulan yang lain, apa nasehat anda kepada mereka?

J: Saya nasehatkan kepada mereka agar bertaqwa kepada Allah Ta’ala dalam semua waktunya baik di bulan Ramadhan atatu di bulan yang lainnya karena manusia diperintahkan untuk beribadah kepada Allah Ta’ala sampai maut mendatanginya. Allah Ta’ala berfirman:
“Dan sembahlah Rabbmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal).” (QS. Al-Hijr: 99)
5) Teringat Belum Shalat Isya di Tengah Shalat Shubuh
T: Apa hukum orang yang tertidur dari shalat Isya’ kemudian bangun untuk shalat shubuh dan menunaikannya, namun di tengah-tengah shalatnya dia ingat belum mengerjakan shalat Isya’, apakah dia menyempurnakan shalat shubuhnya atau apa yang mesti dikerjakan?

J: Ya, dia menyempurnakan shalat shubuhnya kemudian shalat isya’.
6) Orang yang Luput dari Berjamah Shubuh
T: Seorang laki-laki luput baginya shalat subuh berjamaah bersama kaum muslimin, apakah dia shalat rawatib atau cukup shalat subuh saja? Perlu diketahui bahwa jamaah sudah keluar dari masjid?

J: Dia dahulukan sunnah (rawatib) dari shalat yang wajib (subuh) karena rawatibnya shalat subuh adalah sebelum mengerjakan shalat subuh, sekalipun orang-orang telah keluar dan sekalipun telah keluar dari waktunya.
7) Makan Sebelum Shalat ‘Id
T: Jika orang-orang menuaikan shalat ‘Idul Fitri di tempat shalat shubuh maka apakah makan beberapa butir kurma sebelum shalat shubuh atau lebih utama pulang kepada keluarganya untuk membuat langkah baru untuk menunaikah shalat ‘Ied?

J: Jika tidak mungkin untuk pulang, kita katakan: Jangan keluar dari rumah sampai makan dahulu karena keluarmu dari rumah dengan menunaikan shalat subuh dan shalat ‘ied.
8) Jika Ketinggalan Satu Rakaat Shalat Shubuh
T: Seseorang ketinggalan satu rakaat dari shalat shubuh, apakah dia menyempurnakan dengan jahr (bacaan keras) atau sirr (bacaan pelan)?

J: Dia boleh memilih, namun lebih utama untuk menyempurnakannya dengan sirr karena barangkali ada orang lain yang menunaikannya maka akan mengganggunya jika dikeraskan bacaannya.
Sumber: Majalah An-Nashihah vol. 12 Th. 1428 H/2007 M, hal. 3-7 dan 8-11.
 
Ref: http://abul-harits.blogspot.com/p/syaikh-ibnu-utsaimin.html
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger