Headlines News :
Home » » Agar Tegar Saat Menghadapi Ujian

Agar Tegar Saat Menghadapi Ujian

Written By Unknown on Rabu, 25 September 2013 | 12:26




Mungkin ada yang berkata, “Saya seorang yang baru saja serius berislam. Saya takut tidak bisa tegar atau tidak sabar dalam menghadapi berbagai cobaan.”

Untuk orang seperti ini saya katakan, Nabi bersabda, “Barang siapa berusaha untuk bersabar niscaya Allah akan menjadikannya seorang yang sabar.” (HR. Bukhari III/335)
Selain itu, “Barang siapa berusaha untuk selalu mengerjakan kebaikan, niscaya Dia akan memberikannya. Barang siapa menjaga diri dari keburukan, niscaya Dia akan menjaganya.”

Begitulah, siapa saja yang mengusahakan faktor-faktor kesabaran, Alllah akan menganugerahkan kesabaran kepadanya. Barang siapa mengusahakan faktor-faktor wahn (cinta dunia dan takut mati), kegelisahan, dan kehinaan, niscaya dia akan tertimpa marabahaya yang faktor-faktornya telah diusahakannya.
“Dan Allah tidaklah menzalimi mereka akan tetapi merekalah yang selalu menzalimi diri mereka sendiri.” (QS. An nahl 33).

Untuk itu, wahai saudaraku seislam, berusahalah untuk bersabar! Berusahalah untuk bersabar selama masa tertentu, niscaya anda akan mendapati diri anda dalam keadaan sabar setelahnya. Bahkan bisa jadi anda akan menjadi pribadi yang ridha, insya Allah.

Salah seorang salaf berkata, “Aku giring diriku kepada Allah dalam keadaan menangis. Aku terus menggiringnya sampai ia kembali kepadaku dalam keadaan tertawa.”
Jika hal-hal yang melelahkan anda semakin menghebat, ujian semakin bertambah, musibah semakin dahsyat, dan nafsu ammarah bis suu’  berbisik supaya anda cenderung kepada dunia  -meski sesaat- atau anda dapati nafsu ammarah bis suu’ itu menyesatkan diri anda maka berusahalah terus untuk membinanya sampai ia benar-benar tunduk kepada anda, menyerahkan semua urusannya kepada anda, dan menjawab seruan dari Allah dalam keadaan ridha setelah sebelumnya ia membenci-Nya.

Jika anda mulai menginginkan dunia, katakan kepada diri anda sendiri, “Wahai diri, sungguh kamu telah menghabiskan separuh lebih dari perjalananmu menuju Allah, sisanya tinggal sedikit saja. Oleh karena itu, bersabarlah di atasnya! Wahai diri, janganlah kamu sia-siakan amal sholeh yang telah kamu kerjakan, bangunmu di waktu malam dan siang, dan kelelahanmu selama bertahun-tahun di jalan Allah dalam masa yang hanya sebentar ini! Kesabaran ini tidak akan lama! Bersabarlah! Sesungguhnya kedudukan cobaan itu seperti tamu, ia pasti akan segera mohon diri. Wahai laki-laki penopang kesabaran, teruslah bergerak! Sungguh, yang tersisa tinggal sedikit lagi!”

Terhadap nafsunya, seorang aktivis mestinya melakukan hal yang dilakukan oleh Bisyr Al-Hafi terhadap salah seorang murid yang menyertainya dalam suatu perjalanan. Saat itu si murid dilanda dahaga dalam perjalanannya. Ia minta kepada Bisyr, “Bagaimana jika kita minum air sumur itu?” Bisyr menjawab, “bersabarlah, sampai kita bertemu dengan sumur yang lain.” Lalu ketika keduanya telah sampai ke sumur berikutnya , Bisyr berkata lagi, “Sampai sumur berikutnya.” Begitulah, Bisyr terus mengatakan untuk bersabar sampai sumur berikutnya dan akhirnya ia berujar, “Demikianlah cobaan dunia itu dapat ditahan.” (Shaidul Khatir, Ibnul Jauzi. Hlm. 107)

Ibnul jauzi berkata, “Inilah fajar pahala mulai menjelang, malam cobaan mulai menghilang, sang pejalan disambut dengan pujian, hampir menuntaskan gulitanya malam. Matahari pahala tiada sedikit pun menghadirkan bayang-bayang hingga sang pejalan telah sampai ke rumah keselamatan.” (Shaidul Khatir, Ibnul Jauzi, hlm. 87).

Ada satu ungkapan dari Imam Ahmad yang membuat saya begitu terkagum-kagum. Ungkapan pendek yang membutuhkan tadabbur dan tafakkur yang panjang. Berulang-ulang beliau berkata, “Makanan itu sebenarnya bukan makanan, minuman itu sebenarnya bukan minuman . Sungguh, itu adalah hari-hari yang sedikit.”

Sumber: Risalah ila kulli man ya’malu lil Islam, Dr. Najih Ibrahim.

Ref:http://www.ilham.web.id/2012/12/agar-tegar-saat-menghadapi-ujian.html
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Berbagi Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger